Suku Jahai

perempuan Jahai
(pixoto.com)
Suku Jahai, merupakan orang asli yang terdapat di RPS Air Banun Gerik, Perak dan Jahai Negrito di RPS Pos Sungai Rual, Jeli, Kelantan Malaysia. Orang Jahai memiliki fisik berkulit gelap, rambut keriting, dan ras negrito. Di Malaysia mereka dikelompokkan ke dalam kelompok Semang atau Negrito. 

Jahai di masa lalu
(s6.zetaboards.com)
Bahasa Jahai termasuk ke dalam kelompok rumpun bahasa Mon-Khmer.

Orang Jahai umumnya memiliki postur lebih pendek dibanding orang asli lainnya, dengan kulit gelap dan rambut keriting. Mereka menjalani hidup semi-nomaden. Saat ini mereka banyak yang bekerja sebagai pemandu dan porter. Sejak dari masa lalu, mereka sudah mengalami beberapa perubahan dari perladangan berpindah ke semi-nomaden, hingga menetap untuk budidaya pertanian. Mereka tinggal di tepi danau Temengor berdekatan dengan wilayah perkampungan suku Temiar. Makanan pokok mereka adalah tapioka yang diolah di sekitar desa mereka. Selain itu mereka juga mengumpulkan buah-buahan dari hutan serta berburu mamalia kecil dan ikan. Dari hutan mereka memanen rotan dan bambu yang memiliki banyak kegunaan.

nelayan Jahai di danau Temenggor
(nature-escapes-kuala-lumpur)
Berburu adalah aktivitas para pemburu Jahai. Berburu biasanya dilakukan dalam kelompok kecil. Senjata berburu terbuat dari tanaman bambu ramping dikenal secara lokal sebagai Buluh Sumpitan (Bambusa wrayi). Sumpit adalah tabung bambu kecil dan dari ujung keluar anak panah beracun. Anak panah panjang, tipis juga terbuat dari bambu dan ujungnya tajam yang dicelup dengan racun. Setelah pemburu Jahai menemukan target, anak panah beracun dimasukkan dalam sumpit dan ditiup dengan kuat ke arah target buruan.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- wildasia.org
- nature-escapes-kuala-lumpur.com
- magickriver.net
- firstpost.com
- sensesofmalaysia.com
- wikipedia
- dan sumber lain

1 comments:

  1. saya baru saja saksikan di NatGeo Wild tentang bagaimana cara suku ini bertahan hidup,berburu landak,tupai hingga racuni ikan untuk mendapatkan bahan lauk pauk..

    awalnya sy kira suku di NTT ternyata suku yang ber-ras hampir mirip dgn perawakan orang di NTT,Ibdonesia namun mereka berbahasa melayu dan suku tertinggal di Malaysia...nice posting

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,