Suku Hoa

suku Hoa
(masterfile.com)
Suku Hoa (Han), hidup hampir di seluruh wilayah Vietnam dari utara ke selatan, di pusat perkotaan dan daerah pedesaan.. Populasi suku Hoa pada sensus tahun 1999 sebesar 862.371 orang.

Bahasa Hoa termasuk ke dalam rumpun keluarga bahasa Han.

Suku Hoa membangun rumah dengan tiga kamar dan tinggal berdekatan. Keluarga dari garis keturunan yang sama selalu berada bersama-sama atau lokasi rumah berdekatan. Dalam sebuah keluarga Hoa, suami adalah kepala rumah tangga. Hak warisan disediakan untuk anak-anak saja. Anak sulung selalu mendapatkan bagian terbesar dari properti. Orang tua memutuskan pengaturan perkawinan anak-anak mereka, dan pernikahan dini yang umum. Pilihan dari suami atau istri seringkali didasarkan pada keinginan keluarga untuk memiliki status sosial yang sama atau ditentukan oleh pertimbangan bisnis. Menurut adat, pemakaman harus melalui ritual beberapa. Siklus ini dimulai dengan memberi informasi lain dari proses berkabung, mengenakan pakaian berkabung, membungkus mayat, membuka jalan bagi jiwa yang mati, mengubur orang mati, membawa jiwa mereka ke "negara Buddha di barat", dan ritual terakhir adalah selesainya proses berkabung. Karena menghormati orang mati adalah sangat penting, di semua desa dan dusun, ada kuil, pagoda, dan kuil-kuil dibangun untuk pemujaan orang mati.

suku Hoa
(offroadvietnam.com)
Pakaian tradisional laki-laki suku Hoa dalam berpakaian telah mengadopsi pakaian mirip dengan pakaian suku Nung, Giay, Mong dan Dao. Pakaian perempuan suku Hoa terdiri dari celana, rompi lima berpanel yang panjang sampai ke pertengahan paha, dan kemeja lengan pendek dengan lima-panel.

Cara bertahan hidup suku Hoa dalam berbagai pekerjaan termasuk pertanian, kerajinan, perdagangan, perikanan, dan produksi garam. Suku Hoa sudah sejak lama memiliki tradisi penggarapan bidang terendam. Selain itu banyak di antara mereka juga sudah bekerja sebagai buruh, guru, kader dan bidang profesional lainnya.



sumber:
- offroadvietnam.com
- masterfile.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,