Suku Ha Nhi

suku Ha Nhi dari Lai Chau
(lonelyplanet.com)
Suku Ha Nhi, salah satu minoriti di Vietnam, yang mendiami wilayah Lai Chau dan provinsi Lao Cai, Vietnam. Pada tahun 1999 populasi suku Ha Nhi adalah sebesar 17.535 orang.

Nama kelompok etnis suku Ha Nhi:  U Ni dan Xa U Ni

Bahasa Ha Nhi termasuk ke dalam kelompok rumpun keluarga bahasa Tibeto-Burman.

Sebesar 12.500 masyarakat Ha Nhi menetap di provinsi Lai Chau, sisanya menetap di provisi Lao Cai.

suku Ha Nhi dari Lao Cai
(blog.asiatraveladvisor.com)
Suku Ha Nhi sebagian besar masih mempercayai dunia animisme, dan mereka menyembah nenek moyang mereka. Mereka hidup pada budidaya pertanian padi pada lahan bakar pada lahan bertingkat. Suku Ha Nhi adalah salah satu kelompok yang memiliki pengalaman tradisional dalam mereklamasi lahan sawah bertingkat di lereng gunung, menggali kanal dan membangun bendungan kecil. Mereka menggunakan bajak dan garu ditarik oleh oxens dan kerbau untuk bekerja ladang. Lokasi kebun biasanya dekat dengan rumah mereka. Peternakan serta menenun kain, wattling artikel keranjang. Sebagian besar suku Ha Nhi dapat memproduksi pakaian untuk kalangan mereka sendiri.

Pakaian perempuan sangat bervariasi, dan memiliki gaun dihiasi dengan warna baku, berbeda dari busana perempuan Lao Cai yang hanya berwarna nila. Perkampungan suku Ha Nhi masing-masing berisi 60 rumah. Mereka biasanya memiliki garis keturunan yang banyak dan setiap garis keturunan terdiri dari banyak cabang.
gadis Ha Nhi
(offroadvietnam.com)
Setiap "Tet" (Tahun Baru), orang Ha Nhi yang berasal dari garis keturunan yang sama akan bersama-sama mendengarkan orang tua bercerita tentang nenek moyang mereka. Sehingga mereka tetap mengingat garis keturunan hingga jauh ke belakang nenek moyang mereka sampai 40 generasi. Anak mengambil nama ayah atau nama hewan yang sesuai dengan hari ulang tahun mereka sebagai nama tengah mereka. Pada sistem adat pernikahan dilaksanakan melalui dua tahap. Pada tahap pertama, laki-laki dan perempuan menikah dan menjadi suami istri. Pengantin wanita datang untuk hidup dengan keluarga suaminya dan mengambil nama keluarga (marga) suami menurut kebiasaan Ha Nhi di provinsi Lai Chau. Tahap kedua dilaksanakan ketika pasangan menjadi kaya atau memiliki anak.
Pada acara pemakaman sangat bervariasi tergantung wilayah, tetapi pada umumnya berlaku seperti ketika seseorang meninggal, kamar tidur almarhum dibongkar. Mayat diletakkan di tempat tidur di dapur, lalu menentukan hari baik pemakaman. Tempat penguburan ditentukan dengan melempar telur ke udara dan kuburan digali dimana telur itu mendarat dan berhenti.



sumber:
- offroadvietnam.com
- lonelyplanet.com

- blog.asiatraveladvisor.com

- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,