Suku Giay (Zay)

Suku Giay (Zay), hidup terkonsentrasi di Bat Xat, Bao Thang dan kabupaten Muong Khuong (provinsi Lao Cai); Yen Minh dan kabupaten Dong Van (provinsi Ha Giang); Phong Tho dan kabupaten Muong Te (provinsi Lai Chau), dan provinsi Cao Bang. Populasi suku Giay pada sensus tahun 1999 adalah sebesar 49.098 orang.

Nama kelompok etnis Giay:  Nhang, Dang, Pau Thin, Pu Na, Cui Chu dan Xa.

Suku Giay masih mempercayai animisme, mereka menyembah nenek moyang, juga jin di langit, bumi, dan dapur, termasuk Dewi Melahirkan. Desa-desa Giay sangat ramai, berisi ratusan rumah tangga. Rumah yang dibangun bentuk rumah panggung di tanah yang datar. Pojok di dalam rumah berfungsi sebagai tempat untuk menerima tamu dan untuk mezbah leluhur.
Sistem patriarkal aturan dalam keluarga Giay, anak-anak mengambil nama keluarga (marga) ayah.

Bahasa Giay masuk ke dalam rumpun bahasa Tay-Thai.

Suku Giay juga menyimpan banyak warisan cerita-cerita kuno, puisi, peribahasa, teka-teki dan lagu-lagu tradisional.

Laki-laki suku Giay memakai celana, rompi pendek dan sorban di kepala mereka. Perempuan mengenakan rompi lima berpanel terbuka di samping, dan celana panjang. Rambut digulung ke dalam sorban.

Suku Giay bertahan hidup dengan budidaya padi di lahan terendam (sawah) dan beternak hewan untuk memberikan penghasilan tambahan. Mereka juga memelihara kuda sebagai pengangkut barang dan transportasi.



sumber:
- offroadvietnam.com
- word-dialect.blogspot.com
- vietgreentravel.com
- amitourist.com
- henritours.com
- cpv.org.vn
- viettravelcenter.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,