Suku Dayak Ribun

Suku Dayak Ribun, adalah salah satu suku Dayak yang berada di kalimantan Barat. Suku Dayak Ribun sebagian besar bermukim di daerah kabupaten Sanggau, tersebar di kecamatan Tayan Hulu, Meliau dan Parindu.

Suku Dayak Ribun ini memiliki keunikan tersendiri, karena dari segi bahasa, adat dan budaya, berbeda sendiri dengan suku-suku dayak lain yang berada di kabupaten Sanggau.
Tetapi saat ini kebudayaan dan adat suku Dayak Ribun nyaris hilang dan tenggelam, karena ketidakpedulian mereka untuk melestarikan budaya dan adat istiadat warisan nenek moyang mereka. Mugkin karena perkembangan zaman yang semakin modern, berpengaruh terhadap pola hidup orang Dayak Ribun ini, dan kebanyakan dari mereka tidak terlalu perduli dengan itu. Tetapi untunglah, masih ada segelintir dari masyarakat suku Dayak Ribun yang perduli dan tetap berusaha untuk melestarikan adat-istiadat dan budaya nenek moyang suku Dayak Ribun.

tengkorak musuh suku Dayak Ribun
di masa lalu masih tersimpan rapi
Pada masa lalu, suku Dayak Ribun juga aktif dengan tradisi mengayau nya, beberapa tengkorak musuh mereka masih tersimpan rapi di perkampungan mereka. Suku Dayak Ribun pada masa lalu termasuk suku yang suka berperang terhadap komunitas di luar mereka. Walaupun mereka hidup di antara suku-suku dayak lain yang berbeda karakter dengan mereka, tetapi mereka sanggup bertahan dari tekanan  pihak di luar komunitas mereka.

Suku Dayak Ribun, saat ini sebagian besar memeluk agama Kristen Katolik dan sebagian kecil memeluk agama Kristen Protestan, sedangkan sisanya masih mempertahankan agama adat peninggalan nenek moyang suku Dayak Ribun.

Kehidupan pertanian juga akrab dengan suku Dayak Ribun, terutama dalam hal bertani berladang di lahan tebang-tebas dan bakar. Selain itu para laki-laki dari suku Dayak Ribun juga kerap melakukan perburuan binatang ke dalam hutan seperti babi hutan, rusa dan memanfaatkan hasil hutan untuk dibawa pulang. Menangkap ikan juga dilakukan di saat tidak ada kegiatan di ladang. Saat ini tidak sedikit dari generasi muda masyarakat suku Dayak Ribun yang telah melanjutkan pendidikan ke tahap yang lebih tinggi sampai ke universitas, serta mereka juga aktif dan bekerja di sektor pemerintahan dan swasta.

sumber:
  • yaehibun.blogspot.com
  • joshuaproject.net
  • ribun-simus.blogspot.com
  • gambar-foto: kaltim.tribunnews.com
  • kebudayaan-dayak.org
  • wikipedia
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,