Suku Dayak Ransa

Suku Dayak Ransa, adalah salah satu dari sekian banyak suku dayak di Kalimantan Barat, yang hidup dan bermukim di kecamatan Menukung kabupaten Melawi provinsi Kalimantan Barat.

Suku Dayak Ransa, berbicara menggunakan bahasa Ransa.

Dulunya suku Dayak Ransa adalah penganut agama asli suku dayak, seperti "Kaharingan" agama asli suku Dayak Ngaju di Kalimantan Tengah. Saat ini agama asli suku Dayak Ransa ini telah banyak ditinggalkan, karena sebagian besar dari mereka telah menganut agama Kristen, kebanyakan beragama Katolik, sedangkan sisanya beragama Protestan.

Untuk memenuhi sumber kehidupan sehari-hari, mereka memanfaatkan sumber daya alam yang digunakan untuk berladang, bersawah, menanam/menyadap karet, berkebun sayur-sayuran, menangkap ikan, berburu binatang liar di hutan, mengambil kayu di hutan untuk bangunan rumah. Selain itu mereka juga memelihara hewan ternak seperti ayam, sapi dan babi. Beberapa dari masyarakat suku Dayak Ransa sudah bekerja sebagai pegawai negeri dan karyawan swasta.

sumber:

  • agustinusmualang.blogspot.com
  • huma.or.id
  • wikipedia
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,