Suku Dayak Kubitn

suku Dayak Kubitn
Suku Dayak Kubitn (Kubing, Kubin, Kuhin), terdapat di kabupaten Melawi mendiami kampung Bedaha dan kampung Begori yang berada di kecamatan Serawai dan juga mendiami kecamatan Menukung, kecamatan Belimbing dan kecamatan Nanga Pinoh. Populasi suku Dayak Kubitn diperkirakan berjumlah sekitar 5.000 orang. 

Suku Dayak Kubitn berbahasa menggunakan bahasa Dayak Kubitn. Tetapi biasanya orang Dayak Kubitn juga bisa berbicara menggunakan bahasa lain seperti bahasa Dayak Melahui dan bahasa Dayak Dohoi. Bahasa Dayak Kubitn memiliki intonasi yang lebih tegas. Bahasa Kubitn ini sepintas mirip dengan Bahasa Limbai, karena kedua bahasa ini banyak menggunakan kata abon untuk mengatakan tidak ada. 

 Di kampung Begori, suku Dayak Kubitn hidup berbaur dengan orang Dayak Melahui dan Dayak Dohoi Uud Danum. Orang Dayak Kubitn yang hidup di Serawai ini memiliki tingkat kemiripan tata cara dengan orang Dayak Melahoi dan Dayak Uud Danum. Terkadang dalam penentuan adat mereka mengikuti ketentuan adat yang berlaku pada orang Dayak Uud Danum.

Tradisi lisan pada suku Dayak Kubitn memiliki banyak kesamaan tokohnya dengan tradisi lisan pada orang Dayak Dohoi Uud Danum. Walaupun tokoh dalam cerita rakyat orang Dayak Kubitn ini bisa dikatakan identik dengan tokoh yang ada di dalam cerita rakyat Dohoi, tetapi mereka menceritakannya dengan gaya dan dalam bahasa Kubitn.

sumber:
  • Mozaik Dayak
  • kecserawai.blogspot.com
  • gambar-foto: bravojuju.blogspot.com
  • wikipedia
  • dan sumber lain

1 comments:

  1. info tentang suku dayak pedalaman ini cukup akurat Terimakasih ya kak salam kenal dari saya Penjual
    KURSI TAMU MINIMALIS

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,