Suku Dayak Keluas

Suku Dayak Keluas, adalah salah satu suku dayak yang berada di kecamatan Tanah Pinoh kabupaten Melawi provinsi Kalimantan Barat. Suku Dayak Keluas ini mendiami kampung Keluwing Taja, Mahikam, Gihing dan Lubuk.

Bahasa Dayak Keluas, memiliki gaya bicara yang cepat dan tajam.

Kampung mereka saat ini adalah sebuah kampung yang ditata dan sebagai asuhan sebuah perusahaan kayu. Pola pemukiman mereka sangat rapi, yaitu saling berhadapan dipisahkan jalan dan membelakangi sungai.

Tanah pada wilayah pemukiman suku Dayak Keluas sangat subur, berbagai tanaman yang ditanam akan menjadi baik dan subur seperti halnya pisang yang menghasilkan tandan yang besar-besar. Suku Dayak Keluas hidup dengan pertanian berladang, tetapi semua kegiatan pertanian selalu mengandalkan petunjuk bulan dan bintang. Bulan yang menjadi petunjuk mereka itu disebut bulan Arab. Untuk bintang, ada dua macam yang disebut dengan Bintang Tujuh dan Bintang Tiga.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,