Suku Dayak Halong

suku Dayak Halong
(kalimantanforchrist.blogspot.com)
Suku Dayak Halong, adalah salah satu suku dayak yang bermukim di pegunungan Meratus. Kawasan permukiman tradisonal suku Dayak Halong ini tersebar di 10 desa, yang meliputi: desa Binuang Santang, desa Marajai, desa Mauya, desa Mantuyan, desa Tabuan, desa Buntu Pilanduk, desa Kapul, desa Ha ‘uwai, desa Liyu dan desa Aniungan. Seluruh desa ini berada di kecamatan Halong kabupaten Balangan provinsi Kalimantan Tengah.

tradisi Aruh Mambatur
(indonesia2000.blogspot.com)
Suku Dayak Halong setiap tahunnya selalu melaksanakan upacara adat untuk mengirim doa kepada roh para leluhurnya. Salah satunya adalah upacara adat Mambatur. Nama kecamatan Halong menjadi identitas nama suku bagi suku Dayak Halong. Beberapa acara adat istiadat pada suku Dayak Halong adalah Aruh Mambatur dan Aruh Baharin (Pesta Panen). Walaupun suku Dayak Halong hidup di antara budaya mayoritas suku Melayu Banjar, tetapi mereka berhasil melestarikan dan mempertahankan adat istiadat dan budaya mereka yang diturunkan sejak dari nenek moyang mereka.

Kehidupan masarakat suku Dayak Halong dalam kehidupan sehari-hari adalah pada pertanian berladang seperti menanam padi ladang. Mereka juga menanam karet untuk diambil getahnya, juga berburu di hutan menjadi kegiatan lain di saat tidak ada kegiatan di ladang. Di antara mereka juga banyak yang sudah bekerja di sektor pemerintah, perusahaan swasta, guru ataupun menjadi pengusaha ataupun menjadi pedagang.


sumber:
  • efrani.wordpress.com
  • kalimantanforchrist.blogspot.com
  • indonesia2000.blogspot.com
  • cetak.kompas.com
  • article.wn.com
  • wikipedia
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,