Suku Dayak Gun

suku Dayak Gun
(noyanpost.blogspot.com)
Suku Dayak Gun, adalah salah satu suku dayak di yang tersebar di dua negara, wilayah Kalimantan Barat Indonesia dan wilayah Serawak Malaysia. Mereka juga banyak yang bermukim di perbatasan Indonesia-Serawak Malaysia. Di wilayah kabupaten Sanggau provinsi Kalimantan Barat Indonesia, mereka menghuni kampung Gun Jemak (Sedet) dan kampung Gun Tembawang, sedangkan di wilayah Serawak berada di Kampung Sepit. Walaupun mereka tinggal di dua negara yang berbeda, tetapi hubungan kekerabatan di antara mereka tetap terpelihara dengan baik. Suku Dayak Gun juga sering disebut sebagai suku Dayak Penjaga Patok Negara, karena mereka hidup bermukim di sekitar perbatasan dua negara Indonesia dan Malaysia.


laki-laki suku Dayak Gun,
menaklukkan jeram
(ceritadayak.com)
Suku Dayak Gun oleh peneliti dimasukkan ke dalam bagian dari sub suku Dayak Bidayuh.
Bahasa yang digunakan oleh sub suku Dayak Gun adalah Bahasa Bedagik.

Suku Dayak Gun yang tinggal di Gun Jemak dan Gun Tembawang melakukan kegiatan sehari-hari adalah berdagang, mata uang yang digunakan untuk transaksi adalah mata uang Ringgit Malaysia.

Sebagai ciri khas yang ini dari suku ini mereka merokok menggunakan alat yang terbuat dari pipa bambu dengan ukuran sedang yang disebut dengan pipa pengudut.


sumber:

- word-dialect.blogspot.com
- entikong.web.id
- noyanpost.blogspot.com
- kaltimpost.co.id
- theborneopost.com
- newsabahtimes.com.my
- sabah.edu.my
- dayakbaru.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,