Suku Dayak Bihak

suku Dayak Bihak
(herobihak.blogspot.com)
Suku Dayak Bihak (Biak), kadang disebut juga sebagai Orang Rimba'. Suku Dayak Bihak adalah salah satu suku dayak yang bermukim di sepanjang aliran sungai Bihak yang berarus riam di kecamatan Sandai kabupaten Ketapang provinsi Kalimantan Barat. Di sepanjang aliran sungai inilah pemukiman satu kelompok suku yang disebut sebagai suku Dayak Bihak. Populasi suku Dayak Bihak diperkirakan sebesar 1.689 orang.

Suku Dayak Bihak bertutur dalam bahasa Bihak, yang dikategorikan ke dalam rumpun bahasa Austronesia.

Penutur bahasa Bihak tersebar di beberapa perkampungan yang berada di sepanjang aliran sungai Bihak, yaitu kampung Riam Dadap, Sekukun, Pendulangan, Aur Gading, Batu Lapis, Cintamanis dan Beginci Laut (kampung Sira).

pulang mencari kayu di hutan
(jejakide.blogspot.com)
Dalam cerita turun temurun suku Dayak Bihak yang terpelihara dengan baik sejak zaman nenek moyang mereka, bahwa pada zaman kerajaan yang berkuasa di kecamatan Sandai, sebelum berdiam di wilayah sekarang ini, mereka berasal dari suatu tempat yang berada di pesisir sungai Pawatn. Tetapi karena tekanan dan sistem perbudakan raja dan pemberlakuan pajak yang tinggi, lalu mereka melakukan perpindahan ke tempat lain yang dirasa lebih aman. Dalam perjalanan mereka menemukan suatu tempat yang dirasa cocok untuk didiami yaitu di pesisir sungai Bihak. Di tempat yang baru ini mereka yakin para prajurit raja tidak bisa menjangkau daerah tersebut, karena arus deras sungai Bihak.


sumber:
  • kebudayaan-dayak.org
  • herobihak.blogspot.com
  • jejakide.blogspot.com
  • wikipedia
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,