Suku Co

suku Co
(offroadvietnam.com)
Suku Co, mendiami wilayah Bac Tra My dan kabupaten Nam Tra My di provinsi Quang Nam; kabupaten Tra Bong di provinsi Quang Ngai. Populasi pada sensus tahun 1999, jumlah populasi suku Co adalah sebesar 27.766 orang.

Nama kelompok etnis Co:  Cor, Col, Cua dan Trau.

Bahasa Co termasuk ke dalam kelompok keluarga bahasa Mon-Khmer.

Suku Co berpendapat bahwa segala sesuatu benda memiliki jiwa, dan mereka menyembah jiwa butir beras. Pada masa dahulu, suku Co tinggal di rumah panjang yang dibangun bentuk rumah panggung. Saat ini suku Co telah merubah kebiasaan lamanya dengan membangun rumah yang sejajar dengan tanah. Kepala desa dipilih atas dasar pengetahuan, pengalaman dalam produksi, perilaku dan dipercaya oleh warga desa. Pada awalnya suku Co tidak mengenal garis keturunan, seluruhnya memakai nama keluarga Dinh. Saat ini mulai berkembang silsilah marga dengan bertambahnya marga baru, yaitu marga Ho, setelah masa Presiden Ho Chi Minh.

Budaya suku Co dalam bidang kesenian adalah menyanyi, tari serta memainkan alat musik drum beat dan gong. Lagu-lagu rakyat seperti Xru, Klu dan Agioi sangat populer di kalangan masyarakat suku Co.

Pakaian laki-laki meninggalkan bagian atas mereka telanjang dan menutupi bagian bawah mereka dengan cawat. Perempuan memakai rok, bra dan kemeja dengan lengan pendek. Pakaian perempuan dihiasi dengan ornamen manik-manik berwarna-warni di sekitar pinggang mereka. Di musim dingin, mereka menutupi diri dengan selimut tebal, dalam aktivitas sehari-hari.

Suku Co hidup dari pertanian tebang-dan-bakar. Mereka menanam padi, jagung, ubi kayu, kayu manis dan tanaman lainnya.



sumber:
- offroadvietnam.com
- discoveryindochina.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,