Suku Co Ho

suku Co Ho
(amitourist.com)
Suku Co Ho, hidup di wilayah Linh Plateu di provinsi Lam Dong, Vietnam. Populasi suku Co Ho pada sensus tahun 1999 adalah sebesar 128.723 orang.

Nama kelompok etnis Co Ho:  Xre, Nop, Co lon, Chil, Lat dan Tring.

Bahasa Co Ho termasuk ke dalam rumpun keluarga bahasa Mon-Khmer.

Perempuan muda suku Co Ho berperan aktif dalam pernikahan. Monogami sangat diharuskan dalam adat suku Co Ho. Setelah pernikahan, pengantin laki-laki tinggal bersama keluarga istrinya. Suku Co Ho masih percaya adanya dewa, termasuk dewa matahari, dewa bulan, dewa gunung, dewa sungai, dewa bumi dan dewa beras.

suku Co Ho
(offroadvietnam.com)
Suku Co Ho memiliki kekayaan berlimpah dari cerita rakyat dan budaya. Ayat-ayat puisi yang disebut tampla, terdengar sangat romantis. Mereka juga memiliki tarian tradisional yang selalu ditampilkan di festival dan upacara. Instrumen yang populer di kalangan suku Co Ho adalah gong, drum kulit, seruling bambu, kotak pan-pipes, bamboo flutes (organ bibir), dan sitar enam senar.

Suku Co Ho hidup dengan budidaya pertanian, mereka memupuk padi melalui bakar lahan dan sawah.



sumber:
- offroadvietnam.com
- vietgreentravel.com
- amitourist.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,