Suku Chut

suku Chut
(offroadvietnam.com)
Suku Chut, mendiami wilayah Minh Hoa dan kabupaten Tuyen Hoa di provinsi Quang Binh. Populasi suku Chut pada sensus tahun 1999 adalah sebesar 3.892 orang.

Nama kelompok etnis Chut:  Ruc, Sach, Arem, May, Ma Lieng, Tu Vang, Pa Leng, Xe Lang, To Hung, Cha Cu, Tac Cuc, Ymo dan Xa La Vang.

Bahasa Chut termasuk ke dalam kelompok rumpun bahasa Viet-Muong.

Meskipun sebagian orang Chut sudah hidup menetap, desa mereka terpisah cukup jauh dan rumah-rumah mereka hanya untuk sementara. Masing-masing memiliki garis keturunan pemimpin dan mezbah untuk menyembah nenek moyang mereka. Di antara para pemimpin garis keturunan, mereka yang dapat memenangkan prestise tertinggi akan diproklamasikan menjadi kepala desa. Suku Chut memiliki pemakaman yang sangat sederhana. 

Suku Chut telah mewarisi kesenian rakyat dan budaya yang beragam. Lagu-lagu rakyat disebut Ka-tum dan Ka-lenh, sangat populer di kalangan masyarakat suku Chut. Kisah-kisah kuno Chut adalah beragam dan memiliki berbagai tema. Dalam kesenian musik, suku Chut suka memainkan pan-pipe dan seruling enam lubang.

Suku Chut dalam cara hidupnya terutama terlibat dalam budidaya pertanian dan pangkas-dan-bakar lahan pertanian. Mereka juga berburu dan mengumpul, perikanan dan peternakan. Pertukangan dan kerajinan keranjang adalah cara lain mendapatkan penghasilan tambahan.



sumber:
- offroadvietnam.com
- amitourist.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,