Suku Cham

penari suku Cham
(inspiritmagazine.net)
Suku Cham, terkonsentrasi di Ninh Thuan dan provinsi Binh Thuan, juga di An Giang, Tay Ninh, provinsi Dong Nai Dong dan kota Ho Chi Minh. Populasi suku Cham sebesar 132.873 pada sensus tahun 1999.

Nama kelompok etnis Cham:  Chiem Thanh dan Hroi.

suku Cham
(offroadvietnam.com)
Suku Cham sebagian besar menganut agama Brahmanisme dan agama Islam. Doktrin Brahmanisme menarik sekitar tiga perlima dari populasi Cham di Ninh Thuan dan provinsi Binh Thuan. Organisasi masyarakat matriarkal masih berlaku dalam masyarakat Cham, anak membawa nama keluarga ibunya. Dalam adat pernikahan, pengantin laki-laki tinggal bersama keluarga istrinya. Hak warisan disediakan untuk anak perempuan saja. Putri bungsu, harus merawat orang tua di saat usia tua.

perempuan suku Cham
(amitourist.com)
Bahasa Cham termasuk ke dalam kelompok rumpun bahasa Malayo-Polynesian.

Dalam budaya kesenian orang Cham suka bernyanyi dan menari. Tarian Cham adalah yang paling terkenal di Vietnam.

Aktivitas ekonomi utama dari suku Cham adalah budidaya beras di lahan terendam. Kerajinan tembikar dan kain tenun kapas adalah pekerjaan sampingan lainnya.



sumber:
- offroadvietnam.com
- inspiritmagazine.net
- amitourist.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,