Suku Bru-Van Kieu

suku Bru-Van Kieu
(henritours.com)
Suku Bru-Van Kieu, hidup di daerah pegunungan di Quang Binh, Quang Tri dan provinsi Thua Thien-Hue. Populasi  suku Bru-Van Kieu pada sensus tahun 1999 adalah sebesar 55.559 orang.

Nama kelompok etnis Bru-Van Kieu:  Tri, Khua dan Ma-Coong.

Bahasa Bru-Van Kieu termasuk ke dalam kelompok rumpun bahasa Mon-Khmer.

perkampungan suku Bru-Van Kieu
(elsoltravel.com)
Suku Bru-Van Kieu tinggal di rumah-rumah kecil berbentuk rumah panggung. Desa suku Bru-Van Kieu biasanya terletak di dekat sungai dan di sepanjang aliran sungai. Sementara di daerah datar rumah-rumah yang ditata dalam bentuk lingkaran. Pemuda dan pemudi suku Bru-Van Kieu bebas memilih pasangan menikah mereka. Para paman dari pihak ibu mengatakan kata nasehat di hari pernikahan atau upacara penguburan untuk keponakan-keponakan. Mereka juga memiliki kekuatan keputusan dalam pembangunan rumah. Pemujaan leluhur adalah kegiatan keagamaan yang paling umum. Suku Bru-Van Kieu membayar penghormatan kepada benda-benda suci seperti pedang atau sebuah fragmen dari mangkuk dan mereka menyembah dewa api dan dewa dapur.

suku Bru-Van Kieu
(vietnamcharm.com)
Suku Bru-Van Kieu sangat kreatif dalam bidang seni dan memelihara karya seni dan budaya tradisional. Mereka juga memiliki berbagai alat musik seperti drum, alat musik, gong, instrumen angin, dan sitar string (termasuk a-chung dan po-kua). Nyanyian rakyat populer seperti cha chap (cerita sung) dan sim, sebuah nyanyian bergantian antara pemuda dan pemudi. Lagu-lagu rakyat, peribahasa, dan cerita lama membentuk budaya yang kaya dari suku Bru-Van Kieu.

Laki-laki maupun perempuan suku Bru-Van Kieu mengenakan kostum seperti suku Tay Nguyen.

Suku Bru-Van Kieu hidup pada budidaya padi, melalui tebang-dan-bakar lahan pertanian dan menenggelamkan bidang sawahnya. Mereka juga berburu, memancing dan memelihara sapi. Kerajinan membuat keranjang dan tikar kelapa adalah pekerjaan sampingan mereka.



sumber:
- offroadvietnam.com
- henritours.com
- elsoltravel.com
- vietnamcharm.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,