Suku Bo Y

suku Bo Y
(dnn.didulich.net)
Suku Bo Y (Buyei), mendiami wilayah Lao Cai, Yen Bai, Ha Giang dan provinsi Tuyen Quang. Populasi suku Bo Y pada sensus tahun 1999 adalah sebesar 1.864 orang.

Nama kelompok etnis Bo Y:  Chung Cha, Trong Gia, Tu Di, Tu Din dan Pu Na.

Bahasa Bo Y termasuk ke dalam kelompok rumpun bahasa Tay-Thai.

perempuan suku Bo Y
(flickrhivemind.net)
Ibadah kepada leluhur adalah dasar dari agama Bo Y. Suku Bo Y tinggal di rumah yang dibangun sejajar dengan tanah. Selalu disediakan ruang kosong dalam rumah, kamar ini berfungsi sebagai kamar tidur untuk anak laki-laki yang belum menikah atau sebagai lumbung. Upacara pernikahan suku Bo Y adalah suatu acara yang rumit dan mahal. Karakteristik unik dari upacara pernikahan adalah bahwa pengantin laki-laki tidak menghadiri acara tersebut. Sebaliknya, ia mengirim adiknya untuk keluarga pengantin perempuan untuk memimpin kuda merah muda selama pernikahan.
Ketika orang tua meninggal, anak-anak harus ikut upacara berkabung selama 90 hari untuk berkabung ibu mereka dan 120 hari untuk berkabung ayah mereka.

Pakaian tradisional pada perempuan memakai rok, kemeja lima berpanel dan bra. Beberapa pakaian perempuan telah mengadopsi cara berpakaian suku Nung atau suku Han.

Suku Bo Y hidup dengan melakukan praktek tebang-dan-bakar lahan pertanian. Setiap tahun, ketika musim hujan tiba, suku Bo Y pergi ke sungai untuk menangkap bibit, lalu ikan dimasukkan ke dalam kolam dan sawah mereka.



sumber:
- offroadvietnam.com
- dnn.didulich.net
- flickrhivemind.net
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,