Suku Thai

Thai Putih
(womenofplanetearth)
Suku Thai, adalah salah satu etnis minoritas yang berada di dataran tinggi Vietnam. Suku Thai juga disebut sebagai salah satu dari kelompok Suku Bukit (Hill Tribes). Pada sensus tahun 1999, jumlah mereka 1.328.725 jiwa. Wilayah penyebaran suku Thai, meliputi Lai Chau, Dien Bien, Son La, Hoa Binh, dan provinsi Nghe AnBahasa Thai adalah bahasa yang dituturkan oleh suku Thai, dan termasuk ke dalam kelompok rumpun bahasa Tay-Thai.
Menurut para anthropolog suku Thai berasal dari Cina selatan. Beberapa teori sangat bervariasi berspekulasi mengatakan bahwa orang Thai berasal dari Thailand, mungkin karena terdapat kesamaan nama, antara Thai dan 'Thai' land. Suku Thai biasanya dikategorikan dengan warna, seperti Thai Merah, Thai Hitam dan Thai Putih. Perempuan Thai Hitam mengenakan blus berseri berwarna dan tutup kepala, sedangkan Thai Putih cenderung berbusana dalam pakaian kontemporer.


Suku Thai disebut juga sebagai (Tay, Tay Dam, Tay KhaoTay MuoiTay ThanhHang Tong dan Thay Pu).

rumah Thai Putih
(the-shooting-star.com)
Orang Thai melakukan ritual penyembahan kepada nenek moyang, langit, bumi, larangan dan "Muong". Mereka juga melakukan ritual doa untuk kebaikan. Suku Thai tinggal di rumah yang dibangun di atas panggung (rumah panggung). Rumah biasanya terdiri dari 40 atau 50 rumah jerami yang dibangun di atas panggung bambu. Sedangkan orang Thai Hitam (Black Thai), memilih atap rumah yang berbentuk seperti kura-kura dengan dekorasi karapas yang disebut "khau luka". Seorang pria Thai yang baru menikah akan terlebih dulu tinggal bersama keluarga istrinya selama beberapa tahun sampai pasangan tersebut memiliki anak, kemudian mereka pindah ke rumah keluarga suami. Orang Thai mengatur pemakaman sebagai pesta perpisahan untuk melihat keberangkatan orang mati ke dunia lain.


Thai Hitam
(alum.mit.edu)
Orang Thai tetap memelihara dengan baik warisan berharga nenek moyang mereka yang telah dikembangkan sejak abad ke-5, seperti mitos, legenda, dongeng kuno, cerita pengalaman, puisi cinta dan lagu daerah. Mereka suka menyanyi dan membaca "khap" bersama dengan iringan instrumen string dan pertunjukan tari seperti "xoe", "sap", "han khuong", dan "con" adalah refleksi dari karakteristik unik budaya ThaiOrang Thai mengadopsi gaya pakaian Kinh, sedangkan perempuan Thai tetap mempertahankan pakaian tradisional mereka, termasuk rompi pendek, rok hitam panjang, syal, beserta ornamennya.


Orang Thai berpengalaman dalam budidaya padi dan kebun, serta mengembangbiakkan ternak dan unggas, membuat artikel bambu, kain tenun, dan menghasilkan gudang keramik.




sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- wikipedia
- the-shooting-star.com
- womenofplanetearth.blogspot.com

- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,