Suku Tay

orang Tay
Suku Tay, adalah salah satu dari suku-suku Bukit di Vietnam yang mendiami sepanjang lembah dan lereng bawah pegunungan di Cao Bang, Lang Son, Bac Kan dan di provinsi Quang Ninh dan juga di beberapa daerah Bac Giang dan provinsi Bac Ninh. Pada sensus tahun 1999, jumlah masyarakat suku Tay sebesar 1.477.514 jiwa.

rumah suku Tay
(vietnamtrip2008)
Orang Tay melakukan ritual ibadah keagamaan kepada leluhur. Mezbah leluhur ditempatkan di satu lokasi dalam rumah. Ruang altar adalah suatu tempat suci bahwa tamu tidak diperkenankan untuk duduk di tempat tidur di depan altar. Perempuan Tay yang baru melahirkan juga tidak diperbolehkan untuk duduk di tempat tidur di depan altar. Saat ini orang Tay banyak yang sudah memeluk agama Budha dan Kristen, tetapi tradisi ibadah kepada leluhur masih dijalankan.
Perkampungan Tay selalu berada di kaki gunung dan sering dinamai dengan nama sungai atau nama gunung. Setiap desa biasanya terdiri dari 15 - 20 keluarga.

Suku Tay bertutur dalam bahasa Tay, yang termasuk dalam rumpun bahasa Tay-Thai. Mereka memelihara banyak cerita rakyat tradisional yang kaya dengan segala macam puisi, lagu, tarian, dan musik. Lagu Tay yang populer di kalangan suku Tay adalah "Hat Luon" (semacam duet antara pecinta), lagu pernikahan dan lagu pengantar tidur.

Perempuan Tay mengenakan gaun setinggi lutut, yang dibagi di sisi kanan dengan lima kancing di sepanjang ketiak, dan lengan.

Orang Tay telah mengembangkan praktek pertanian dengan sangat baik dan mampu mengolah semua jenis tanaman termasuk padi, jagung, dan ubi jalar.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- offroadvietnam.com
- talkvietnam.com
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,