Suku Ta Oi

perempuan Ta Oi
(henritours)
Suku Ta Oi, adalah salah satu etnis minoritas dari Suku Bukit di Vietnam, yang mendiami daerah Luoi di provinsi Thua Thien-Hue dan di kabupaten Huong Hoa provinsi Quang Tri. Selain di Vietnam suku Ta Oi juga terdapat di Laos bagian Selatan. Pada tahun 1999 jumlah penduduk suku Ta Oi, adalah sebesar 34.960 jiwa. 
Suku Ta Oi, juga dipanggil dengan sebutan (Toi OiPa CoBa Hy dan Ba Ghy)

Rumah tradisional dari suku Ta Oi disebut Rong. Dibangun di pusat desa dan merupakan rumah yang memanjang (rumah panjang). Anak-anak mengambil nama keluarga (marga) dari ayah dan memiliki hak untuk mewarisi harta keluarga. Kepala garis keturunan memainkan peranan penting dalam urusan desa. Pria dan wanita Ta Oi muda bebas memilih pasangan mereka. Orang Ta Oi. Orang Ta Oi, banyak yang menganut agama Budha dan Kristen, tetapi pada umumnya mereka masih percaya pada animisme dan melakukan banyak upacara untuk Giang. Untuk orang yang meninggal, setelah beberapa tahun sejak penguburan, keturunan dari yang meninggal itu akan menyelenggarakan upacara untuk menggali kuburan yang meninggal tersebut dan membangun rumah pemakaman dengan dekorasi yang indah serta dihiasi dengan patung-patung di sekitar pagar kuburan.

laki-laki Ta Oi
(offroadvietnam)
perempuan Ta Oi
(discoveryindochina)
Suku Ta Oi menuturkan bahasa Ta Oi yang termasuk Rumpun Mon-Khmer yang dekat dengan bahasa Bru-Van Kieu dan bahasa Co Tu. Orang Ta Oi berhasil mempertahankan banyak budaya turun temurun seperti puisi dan peribahasa, lagu-lagu rakyat, permainan mirip puzzle, cerita rakyat dan legenda tentang sejarah suku Ta Oi. Lagu-lagu rakyat yang populer termasuk Ka loi, Ba boih, Ro in, dan terutama lagu romantis Cha Chap serta alat musik yang populer di kalangan suku Ta Oi adalah gong, string sitar, seruling, terompet, drum, dan pan-pipe.

Pakaian tradisional suku Ta Oi, adalah para wanita memakai kemeja dan rok, biasanya rok diikat tinggi hingga menutupi dada mereka. Sedangkan pria memakai sejenis cawat dan rompi pendek, dan membiarkan bagian atas mereka terbuka (telanjang dada). Ornamen terbuat dari tembaga, perak, manik-manik kaca, dan juga gading.

Orang Ta Oi melakukan metode tebang bakar dan budidaya menanam padi basah. Mereka juga pandai membesarkan tanaman hortikultura dan peternakan ikan di kolam buatan.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- discoveryindochina.com
- offroadvietnam.com
talkvietnam.com
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,