Suku Seletar

Suku Seletar, merupakan kaum dari rumpun Proto Malayan cabang dari rumpun Austronesian. Suku Seletar disebut juga sebagai "Gipsi Laut", adalah masyarakat yang tinggal di kapal, pulau, pesisir dan muara sungai. Saat ini mereka mulai bermukim di darat dan mendiami daerah selatan Johor Malaysia dan juga hadir di Singapura Utara.

Suku Seletar juga bermukim di Singapura, populasi sebesar 1.700 jiwa. Suku Seletar adalah keturunan Orang Laut yang berasal dari Kepulauan Rempah Indonesia.
Rumah Orang Seletar dapat ditemukan di bagian selatan semenanjung Melayu, di Johor, mereka tinggal di gubuk-gubuk panggung di atas air.

Kepercayaan suku Seletar sebagian besar adalah animisme yang percaya bahwa roh-roh berkeliaran dunia menghuni pohon, air dan batu.

Suku Seletar, secara tradisional turun temurun, tergantung pada laut untuk bertahan hidup, bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Saat ini mereka telah menemukan kualitas hidup yang lebih baik untuk hidup di desa pemukiman di daerah pesisir selat Johor. Selain itu sebagian besar dari mereka telah bekerja di industri lokal dan perdagangan.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- joshuaproject.com
- asiaexplorers.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,