Suku Rakhine

Suku Rakhine, atau Arakan, adalah suatu suku bangsa di Myanmar yang membentuk mayoritas di sepanjang wilayah pesisir Rakhine State atau Arakan State. Populasi mereka sekitar 5,53% dari total penduduk Myanmar.
suku Rakhine
(goldbacked-lynn)
Orang Rakhine memiliki banyak sebutan, sesuai di daerah mana mereka berada, yaitu: Arakenese, Magh, Maghi, Marma, Mash, Mogh, Morma, Mugg, Yakan dan Yakine.
Orang Rakhine juga terdapat di bagian tenggara Bangladesh, terutama di Chittagong dan Divisi Barisal. Sekelompok keturunan Rakhine, tinggal di Jalur Bukit Chittagong Bangladesh sejak abad ke-16, dikenal sebagai orang Marma. Keturunan Rakhine menyebar sejauh utara negara Tripura di India, ketika Tripura diperintah oleh raja-raja Arakan. Di timur laut India, orang-orang Rakhine disebut sebagai orang Mog
Pada beberapa abad yang lalu di Bangladesh, orang Rakhine (Arakan) adalah bajak laut yang ditakuti di Teluk Benggala, mereka meneror masyarakat di sepanjang pantai laut dan jauh di saluran sungai yang sekarang Bangladesh. Saat itu mereka disebut maghs, atau bajak laut. Nama ini menjadi nama populer dari suku ini, mereka berasal dari wilayah Arakan di Burma.

Suku Rakhine terkait erat hubungan serumpun dengan suku Bamar, Marma dan Chakma.

tradisi gulat Rakhine
(aboutarakanenglishvision)
Menurut Tawarikh Rakhine, Nama Rakhine ini berasal dari bahasa Pali dari kata "Rakhapura" berarti "tanah rakyat Raksasa (Raksasa> Rakha> Rakhine)", kata Rakhine berarti "seseorang yang memelihara ras sendiri."

Masyarakat Rakhine sebagian besar menganut agama Theravada Buddha dan merupakan salah satu dari empat kelompok utama etnik Budha di Myanmar (yang lainnya adalah Bamar, Shan dan Mon). Mereka mengaku sebagai salah satu kelompok pertama yang menjadi pengikut Sang Buddha di Asia Tenggara. Budaya Rakhine mirip dengan budaya Burma tetapi dengan lebih banyak pengaruh India, mungkin karena isolasi geografis dari daratan Birma dibagi dengan Roma Rakhine dan kedekatan lebih dekat ke Asia Selatan. Jejak pengaruh India tetap dalam banyak aspek budaya Rakhine, termasuk literatur, musik, dan masakan.

Orang Rakhine bertutur dalam bahasa Arakan, yang merupakan bentuk kuno dari bahasa Burma. Pada umumnya saling dimengerti dengan standar Burma, namun tetap memiliki style Arakan suara / r /, yang menjadi suara / j / dalam bahasa Burma. Bahasa tertulis Arakan script, pada dasarnya sama dengan script standar Burma, script Rakhawunna utara Brahmi ditemukan dalam prasasti batu di era (Wethali) Vesali, sekarang tidak lagi digunakan.

Orang Rakhine mengklaim sejarah suku bangsa Rakhine dimulai sejak 3325 SM (BC) dan bukti arkeologi telah ditemukan untuk periode selanjutnya dari awal abad ke-1 setelah penggalian kota Dhanyawadi. Menurut sejarah, kerajaan independen pertama Rakhine (Arakan) didirikan pada tahun 3325 SM (BC) oleh Raja Marayu. Nama kerajaan Dhanyawadi berarti "tanah diberkati dengan gandum yang berlimpah". Buddhisme diperkenalkan ke Rakhine oleh sang Buddha sendiri. Menurut Rakhine Tawarikh, Buddha di masa hidupnya mengunjungi kota Dhanyawadi pada 554 SM.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- sstmyanmar.com
- joshuaproject.net
- myanmartravel.org
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,