Suku O Du

O Du
(amitourist)
Suku O Du, adalah salah satu etnis minoritas di Vietnam, yang sebagian besar mendiami desa Kim Hoa dan Pot Xop di Kim Da, dan sisanya tinggal di desa-desa terdekat di kabupaten Tuong Duong, propinsi Nghe An. Populasi suku O Du pada tahun 1999 adalah sebesar 301 jiwa.

Kelompok etnis O Du adalah (Tay Hat)

Bahasa O Du termasuk ke dalam rumpun bahasa Mon-Khmer dan sekarang banyak yang tidak menggunakan bahasa O Du. Mereka lebih sering menggunakan bahasa Thai dan Kho. Akibatnya, identitas budaya suku O Du mulai dikaburkan oleh pengaruh budaya Thai dan Kho Mu.

Suku O Du tinggal dalam keluarga kecil. Setelah menikah, mempelai laki-laki tinggal di rumah istrinya untuk beberapa waktu sebelum kembali ke rumahnya dengan anak-anaknya dan istrinya. Tahun Baru dimulai pada hari ketika guntur bersahut-sahutan untuk pertama kalinya di awal musim semi. Mereka percaya bahwa orang setelah kematian memiliki jiwa yang tetap berada di rumah dan mengawasi setiap kegiatan di rumah.

Orang O Du hidup dari pertanian di lahan tebang dan bakar, memelihara hewan, mengumpulkan hasil hutan dan berburu serta tenun juga merupakan pekerjaan sampingan keluarga dalam suku O Du.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com

- amitourist.com
- offroadvietnam.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,