Suku Nung

perempuan Nung
(offroadvietnam)
Suku Nung, adalah salah satu etnis minoritas terbanyak di Vietnam, yang tersebar di  Lang Son, Cao Bang, Bac Thai, Bac Giang, Bac Ninh dan provinsi Tuyen Quang. Populasi suku Nung pada tahun 1999, adalah sebesar 856.412 jiwa.

Kelompok etnis Nung adalah (Xuong, Giang, Nung An, Nung Coi, Phan Sinh, Nung Chao, Nung Inh, Qui Rin, Nung Din, dan Khen Lai).

Suku Nung masih menyembah nenek moyang mereka, roh, orang suci, Konfusius, dan Kwan Yin. Desa suku Nung dibangun di atas lereng bukit. Biasanya ada kolam di depan rumah dan taman di belakang rumah. Rumah suku Nung selalu berbentuk rumah panggung.

Bahasa Nung mirip bahasa Tay, dan termasuk ke dalam rumpun bahasa Tay-Thai. Suku Nung memiliki aksara yang disebut Nom Nung (Nung scripts) yang berlaku sejak abad ke-17. Suku Nung memiliki kekayaan berlimpah dalam kesenian rakyat dan kegiatan budaya termasuk lagu daerah dan lagu-lagu "sli". Melodi halus dari lagu-lagu "sli" sangat harmonis dikombinasikan dengan suara alam dari hutan dan pegunungan. Jenis lagu daerah suku Nung adalah kombinasi dari ayat dan musik.

Upacara yang sangat terkenal dalam kalangan suku Nung adalah "tung lung" (pergi ke lapangan), yang dihadiri oleh banyak orang dari segala usia. Upacara ini selalu diselenggarakan pada bulan pertama tahun lunar.

Suku Nung suka memakai pakaian berwarna nila. Mereka hidup dari menanam padi dan jagung serta menanam pohon-pohon buah, seperti jeruk, kesemek dan adas.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com

- offroadvietnam.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,