Suku Ngai

perempuan Ngai
(offroadvietnam)
Suku Ngai, adalah salah satu etnis minoritas di Vietnam, yang tersebar di  Quang Ninh, Bac Giang, Bac Ninh Lang Son, Cao Bang, Bac Kan dan provins Thai Nguyen. Pada tahun 1999, populasi suku Ngai adalah sebesar 4.841 jiwa.

Kelompok etnis Ngai adalah (Ngai Hac Ca, Lau Man, He, Dan, Sin dan Le)

Bahasa Ngai termasuk dalam rumpun bahasa Han.

Rumah Ngai khas terdiri dari tiga kamar. Semua keluarga memiliki altar leluhur, dan setiap dusun memiliki kuil dan pagoda yang dibangun untuk menghormati orang yang telah mati. Suku Ngai sangat menghormati nenek moyang mereka, serta jiwa dan roh. Perempuan muda tidak menerima warisan setelah orang tua mereka mati. Anak-anak Ngai orang harus mematuhi keinginan orang tua mereka. Pernikahan terdiri dari dua langkah: pernikahan dan upacara pernikahan.

Suku Ngai mempertahankan duet cinta disebut "suong co" yang menceritakan warisan mereka yang kaya budaya. Bentuk hiburan lainnya termasuk tarian singa, tarian tongkat dan permainan tindak pemimpin.

Pakaian suku Ngai mirip dengan pakaian suku Hoa (atau Han).

Suku Ngai bertahan hidup terutama pada budidaya padi dan memancing ikan. Mereka memiliki sistem irigasi air yang sangat rumit sebagai akibat dari penggalian kanal, membangun bendungan dan waduk air, dan memperkuat tanggul laut. Mereka juga pandai membuat tikar, membuat layar bambu, blacksmithing, pertukangan serta membuat kue-kue, kapur, genteng dan batu-bata.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com

- offroadvietnam.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,