Suku Muong

perempuan Muong
(offroadvietnam)
Suku Muong, adalah salah satu suku minoritas terbesar di Vietnam, populasi terbesar terkonsentrasi di provinsi Hoa Binh dan kabupaten-kabupaten pegunungan di provinsi Thanh Hoa. Pada tahun 1999, populasi suku Muong, adalah sebesar 1.135.515 jiwa.

Kelompok etnis Muong adalah (Moi, Mual, Moi, Moi Bi, Au Ta dan Ao Ta)

Bahasa Muong termasuk dalam rumpun bahasa Viet-Muong.

"lang dao" adalah suatu sistem pemerintahan masyarakat Muong. Suku Muong dikepalai (dipimpin) oleh "lang cun", "lang xom" atau "dao xom".

Pernikahan adat suku Muong, mirip dengan adat suku Kinh. Ketika seorang perempuan melahirkan seorang anak, keluarganya mengelilingi tangga utama rumah dengan pagar bambu. Anak diberi nama bila sudah berumur satu tahun. Suku Muong menjaga pemakaman dengan aturan yang ketat. Mereka masih menjalankan praktek agama politeistik dan pemujaan arwah nenek moyang.

Literatur populer dan seni dari suku Muong sangat terpelihara dan kaya termasuk puisi lama, "mo" (lagu seremonial), folksongs, duet dialog, peribahasa, lagu pengantar tidur dan lagu anak-anak. Gong adalah alat musik favorit dari suku Muong, serta biola dua senar, seruling, drum dan cymbal.

Suku Muong menjalankan banyak upacara sepanjang tahun seperti pergi ke lapangan "khuong mua", Upacara Berdoa-untuk-Hujan (selama bulan bulan ke empat), Upacara Cuci Beras Daun (selama bulan bulan ke tujuh dan ke delapan) dan Ritual Beras Baru.

Laki-laki Muong berpakaian piyama indigo. Perempuan mengenakan syal persegi panjang putih, bra, rok panjang, dan rompi pendek yang terbuka di bagian depan (atau di bahu) tanpa kancing. Rok ini dilengkapi dengan sabuk sutera yang sangat besar disulam dengan berbagai motif seperti bunga, angka, naga, phoenix, rusa, dan burung.

Suku Muong bertahan hidup dengan pertanian. Beras basah adalah makanan pokok utama mereka. Pendapatan keluarga lainnya dihasilkan dari memanfaatkan hasil hutan termasuk jamur, jamur kering, amonium, dan sticklac. Kerajinan Muong termasuk tenun, keranjang, dan pemintalan sutra. Perempuan Muong terkenal sangat terampil dengan menenun pada alat tenun.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com

- offroadvietnam.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,