Suku Mang

gadis suku Mang
(offroadvietnam)
Suku Mang, adalah salah satu suku minoritas di Vietnam, yang tersebar di Sin Ho, Muong Te, kabupaten Phong Tho di provinsi Lai Chau dan kabupaten Muong Cha provinsi Dien Bien. Populasi suku Mang pada tahun 1999 adalah sebesar 2.663 jiwa.

Kelompok etnis Mang adalah (Mang U dan Xa La Vang)

Kepala desa, bersama-sama dengan dewan laki-laki tertua, bertanggung jawab untuk urusan desanya. Rumah-rumah dibangun denga bentuk rumah panggung. Laki-laki muda suku Mang dan perempuan bebas memilih pasangan mereka sendiri. Menurut kebiasaan, kedua keluarga sama-sama berjuang untuk melaksanakan pernikahan. Pada hari pernikahan mempelai perempuan dibawa dari rumah keluarganya untuk menyembah langit.

Bahasa Mang termasuk ke dalam rumpun bahasa Mon-Khmer. Tattoo Chin dianggap sebagai ritual untuk laki-laki muda untuk tumbuh menjadi dewasa.

Laki-laki suku Mang mengenakan pakaian yang terdiri dari rompi pendek, terbuka di bagian depan dan memakai celana panjang. Perempuan memakai rok panjang, rompi pendek terbuka di bagian depan, dan sepotong kain putih dihiasi dengan berbagai motif.

Dalam keseharian suku Mang memangkas dan bakar lahan dengan alat rakitan yang belum sempurna. Suku Mang juga menanam padi di ladang bertingkat mirip dengan suku Tha serta membuat kerajinan keranjang.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com

- offroadvietnam.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,