Suku Lu

suku Lu
(offroadvietnam
)
Suku Lu, salah satu etnis minoritas di Vietnam, yang mendiami wilayah Phong Tho dan kabupaten Sin Ho di provinsi Lai Chau.  Populasi sebesar 4.964 jiwa pada tahun 1999.

Kelompok etnis suku Lu adalah (Nhuon dan Duon).

Bahasa Lu termasuk ke dalam rumpun bahasa Tay-Thai.

Suku Lu menganut Buddhisme. Setelah mati mereka dimakamkan, keluarga mengadakan ritual yang membawa jiwa keluarga yang mati ke pagoda. Suku Lu hidup di rumah-rumah panggung dengan dua pintu masuk ke rumah dan menghadap barat laut.

Pemuda dan pemudi bebas memilih pasangan mereka. Namun pertama sekali harus melalui persetujuan orang tua sebelum melangsungkan pernikahan. Pasangan kemudian harus berkonsultasi dengan peramal untuk pemeriksaan usia. Jika peramal menemukan bahwa usia pasangan kompatibel, kemudian mereka dapat mempersiapkan pernikahan. Anak-anak mengambil nama marga sang ayah setelah lahir. Anak laki-laki memiliki nama tengah umum "ba", dan anak perempuan "y". Suku Lu ini adalah kelompok etnis yang sangat ramah dan setia. Perceraian jarang terjadi di Lu society. Masyarakat suku Lu suka menikmati makan ketan dan minum teh dingin.

Suku Lu suka menyanyikan "khap" (ayat lagu), yang menceritakan kisah-kisah lama, peribahasa, membaca puisi, bermain seruling, biola dua string dan drum.

Laki-laki suku Lu memakai celana dan perempuan memakai rok. Pakaian mereka dihiasi dengan motif warna-warni pada kain berwarna nila gelap.

Suku Lu ini telah terlibat dalam pertanian untuk waktu yang lama. Suku Lu juga memanfaatkan tebang dan bakar lahan untuk menanam jagung, singkong, kacang tanah, nila dan kapas.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com

- offroadvietnam.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,