Suku Lao

suku Lao, sedang menenun
(offroadvietnam)
Suku Lao, adalah kelompok etnis minoritas di Vietnam, yang terkonsentrasi di Dien Bien City (provinsi Dien Bien); Phong Tho dan kabupaten Than Uyen (provinsi Lai Chau); kabupaten Song Ma (provinsi Son La). Populasi suku Lao sebesar 11.611 jiwa pada tahun 1999.

Kelompok etnis (Lao Boc dan Lao Noi)

Suku Lao menyembah nenek moyang mereka dan dipengaruhi oleh agama Buddha. Orang Lao mengambil nama keluarga (marga) dari marga-marga Lo, Luong, atau Vi. Anak-anak mengambil nama keluarga ayah mereka. Ketika seseorang meninggal, upacara pemakaman dan penguburan dilakukan dengan hati-hati dan terorganisir. Kremasi hanya terjadi jika yang meninggal adalah kepala "muong" atau "ban" (desa).

Bahasa Lao adalah anggota dari rumpun bahasa Tay-Thai.

"mo lam" (dukun) dalam budaya Lao sangat pandai menulis dan menceritakan kisah-kisah kuno dan folksongs. Cerita rakyat dan warisan budaya yang banyak dipengaruhi oleh budaya Thai. "lam vong" (tarian rakyat) selalu dilakukan selama festival dan upacara.

Perempuan Lao memakai rok hitam yang diikat di depan dan naik ke dada mereka. Pakaian biasanya dihiasi dengan dua band dari motif bordir dalam warna berbeda. Laki-laki Lao memiliki script Han dan tato gambar binatang di pergelangan tangan dan paha.

Dalam bertahan hidup orang Lao terutama menanam padi di ladang terendam, menggunakan teknik canggih seperti membajak, menggaru, dan pengairan. Pendapatan tambahan keluarga dihasilkan melalui tenun, gerabah dan produksi perak.

sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- offroadvietnam.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,