Suku Kayaw, Burma

Suku Kayaw, adalah salah satu sub-suku dari suku Kayan, yang termasuk suku Bukit di Burma yang pemalu. Sehingga sulit untuk datang dan bertemu dengan orang dari suku Kayaw. Mereka tinggal di tanah terpencil negara bagian Kayah (Kayah State) di atas bukit. Beberapa abad yang lalu sebagian dari suku Kayaw bermigrasi dan menetap di Thailand.

perempuan Kayaw
(flickr.com)
Orang Kayaw, sering disebut sebagai long ears "telinga-panjang" atau big ears "telinga-besar", mereka adalah salah satu sub-suku dari suku Kayan. Walau suku Kayaw serumpun dengan rumpun Kayan lainnya, mereka berbeda tradisi dengan rumpun Kayan yang memakai cincin di leher, karena tradisi dan bahasa mereka berbeda.

gadis kecil Kayaw
(aptribes.com)
Salah satu ritual aneh yang terkait dengan suku ini mungkin merupakan ritual peti keputusan. Ketika seorang pria dari suku Kayaw berusia empat puluh, ia memotong pohon ke bawah dan mengukir peti mati itu. Ketika orang itu akhirnya mati, tubuhnya dimasukkan ke dalam peti mati yang telah diukirnya dan kemudian digantung di tebing atau dimasukkan ke dalam sebuah gua.

Suku Kayaw sebagian besar adalah pemeluk Buddhisme dan pemeluk Kristen dan memakai kalung salib di sekitar leher.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- kwintessential.co.uk
- huaypukeng.com
- thailandsocial.com

- aptribes.com
- myanmarplg.com

- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,