Suku Jakun

perempuan Jakun
(probertencyclopaedia)
Suku Jakun, salah satu suku Aslian di Malaysia, bermukim di Kedaik Pahang dan Johor Utara. Suku Jakun, terdiri 2 kelompok suku, yaitu Jakun Hutan (Orang Ulu) dan Jakun Laut (Orang Laut).

Paham animisme masih diamalkan oleh sebagian besar masyarakat Jakun, kepercayaan kepada kekuatan alam yang dipengaruhi oleh alam sekitarnya. Mereka tetap mengamalkan pantang larang yang diamalkan sejak dahulu.

Suku Jakun termasuk ke dalam rumpun proto malayan, yang pada abad ke-19 oleh peneliti AR Wallace disebut "melayu buas". Mereka juga terkait hubungan rumpun erat dengan Orang Laut Orang.

Secara fisik orang Jakun memiliki fisik yang lebih tinggi dibandingkan dengan masyarakat asli lainnya dari Semenanjung Melayu, seperti suku Semang dan suku Sakai. Orang Jakun biasanya memiliki kulit berwarna coklat gelap. Beberapa orang Jakun telah menikah dengan etnis melayu atau cina. Mereka yang menikah dengan Melayu sebagian besar masuk Islam, sedangkan yang menikah dengan keluarga Cina sebagian mengikuti tradisi agama nenek moyang Cina atau memeluk agama Kristen, selain itu kebiasaan adat istiadat Jakun juga tetap diamalkan.

pemburu-pemburu Jakun
(probertencyclopaedia)
Orang Jakun pada saat ini sebagian besar memiliki gaya hidup yang menetap dan telah tinggal di desa-desa dan mulai dengan pertanian.

Istilah "jakun", bagi kaum Melayu mayoritas di Malaysia sering diucapkan untuk mencemooh. Hal ini dianggap mereka menghina dan rasis.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- mytravelpost-onestoptravelshop
- probertencyclopaedia
- jungle-asia.com
- malaysianbar.org
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,