Suku Dayak Kalis

suku Dayak Kalis
Suku Dayak Kalis, adalah salah satu etnis Dayak yang telah hidup sejak ribuan tahun di sepanjang hulu sungai Kapuas, tepatnya di Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu. Suku ini dikenal sebagai salah satu suku Dayak yang masih berpegang teguh pada adat istiadat leluhur mereka hingga kini, salah satunya dalam melaksanakan pengetahuan mereka tentang kekuasaan. Dalam pengetahuan Dayak Kalis, kekuasaan dipegang oleh orang-orang tertentu yang dipilih secara adat. Pengetahuan ini membuktikan bahwa kepemimpinan adalah sesuatu yang tidak dapat diganggu gugat, karena dianggap melanggar adat.

Suku Dayak Kalis, dikelompokkan ke dalam Rumpun Dayak Banuaka, bersama suku Dayak Taman dan Dayak Embaloh. Bahasa Dayak Kalis masih sangat berkerabat dengan bahasa-bahasa di Sulawesi, terutama dengan bahasa di Sulawesi Selatan seperti Bugis dan Makasar. Menurut para peneiti bahwa suku Dayak Kalis kemungkinan berasal dari Sulawesi, atau berasal dari tempat yang sama dengan suku-suku di Sulawesi.

Klasifikasi Bahasa Dayak Kalis: Melayu-Polinesia, Sulawesi, Tamanik, Kalis



sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- planet-berita.blogspot.com
- kalimantan-news.com
- pontianak.tribunnews.com
- melayuonline.com
- wikipedia
- kapuashulukab.go.id
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,