Suku Bateq

orang Bateq
(reuters)
Suku Bateq, adalah salah satu dari suku Asli yang terdapat di Malaysia. Diperkirakan nenek moyang mereka datang dari Afrika Selatan sampai di tanah Semenanjung Malaysia melalui Australia. Kehadiran mereka di semenanjung Malaysia ini diperkirakan sejak 11.000 SM. (Bellwood 1997:155-171).

Suku Batek tersebar dari hutan hujan Pahang; Kenong Rimba dan Taman Negara, tetapi setiap kelompok terdiri dari 10 - 30 orang.

Suku Bateq, memiliki beberapa sub-suku, yaitu:
> Bateq Teq,
> Bateq Deq,
> Bateq Iga,
> Bateq Nong

perkampungan suku Bateq
(flickr)
Suku Bateq ini tinggal di sekitar Taman Nasional Kuala Tahan, di sekitar hulu Sungai Tembeling, Sungai Kechau, Teluk Gunung di Pahang, Sungai Gala, Sungai Chiku, Sungai Tako dan Sungai Lebir. Juga tersebar di Kelantan dan Sungai Berua, Besut, Terengganu. Pada masa dahulu mereka hidup secara nomaden, tapi sekarang mereka lebih memilih untuk menempati daerah yang diberikan oleh pemerintah untuk kemajuan hidup mereka.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- malaysiasite.nl
- asiaexplorers.com
- wikipedia
- dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,