Orang Kuala

orang Kuala
(cekau.com)
Orang Kuala, atau Suku Kuala, adalah suatu komunitas yang tinggal di kawasan kuala sungai dan pesisir pantai. Orang Kuala menyebut diri mereka sebagai 'Desin Duano' (Suku Duano). Orang Kuala diyakini berasal dari pulau Bengkalis Riau. Dahulunya mereka adalah bagian dari Kaum Orang Laut yang tinggal di dalam Rumah Sampan panjang dan hidup secara nomaden di permukaan laut, pesisir pantai dan kuala sungai. Kini mereka sudah bermukim di kawasan darat Semenanjung Malaysia serta memiliki perkampungan sendiri. Kawasan pemukiman Orang Kuala terletak di daerah Batu Pahat (Kuala Rengit, Kuala Senggarang dan Tanjung Segenting) serta daerah Pontian (Kuala Benut, Kuala Sungai Pontian dan Kukup) di Negeri Johor. Mereka juga sering disebut sebagai Orang Melayu Kuala.

perkampungan orang Kuala
(cekau.com)
Orang Kuala saat ini mayoritas beragama Islam dan beranggapan mereka tidak mau disamakan sebangsa dengan suku asli lainnya yang tidak beragama Islam.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com

- cekau.com
- asiaexplorers.com
- malaysiasite.nl
- wikipedia
- permataorangasli.blogspot.com
- dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,