Suku Talang Mamak

Suku Talang Mamak merupakan suku asli Indragiri, Riau.
Menurut seorang peneliti, suku Talang Mamak ini masuk ke dalam rumpun Proto Malayan (Melayu Tua), yang berarti termasuk suku pertama yang bermigrasi ke daratan Riau Sumatra, jauh lebih tua dari suku-suku Melayu yang ada di Riau.
Sebuah sumber lain mengatakan suku Talang Mamak ini berasal dari Pagaruyung pra Islam. Statemen ini diragukan, karena orang-orang Pagaruyung yang notabene suku Minang adalah rumpun Deutro Malayan (Melayu Muda). Jadi tidak mungkin suku Talang Mamak yang Proto Malayan berasal dari suku Minang yang Deutro Malayan.

Menurut mitos suku Talang Mamak, mereka keturunan seorang yang bernama Patih, yang berasal dari Kayangan yang diturunkan di Sungai Limau dan menetap di Sungai Lunu (Durian Cacar).

Suku Talang Mamak tersebar di Batang Gansal, Cenaku, Kelayang dan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Sedangkan satu kelompok berada di Dusun Semarantihan Desa Suosuo Kecamatan Sumai Kabupaten Tebo Jambi.


diolah dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,